Identitas Peserta Pelatihan
Nama : Nurul Istiqomah, S.Pd.I
Sintiya Nuriyanti, S.Sos
Asal Instansi : MA.Nurul Amin Jatiroto Lumajang
Pendahuluan
Latar Belakang Urgensi Diseminasi Bimtek Tindak Lanjut AKMI telah memberikan bekal yang sangat berharga bagi guru dalam Upaya memberikan pemahaman tentang fungsi dan peran AKMI sebagai alat diagnostik kemampuan peserta didik dalam berbagai aspek literasi. Serta memberikan pemahaman yang komprehensif tentang hasil asesmen dan langkah-langkah perbaikan pembelajaran di Madrasah. Untuk memastikan hasil bimtek tersebut dapat diimplementasikan secara efektif dan berkelanjutan. Dengan demikian, perlu adanya upaya untuk menyebarluaskan ilmu yang telah diperoleh kepada rekan-rekan di Madrasah Aliyah Nurul Amin Jatiroto.
Urgensi Diseminasi AKMI dalam konteks pendidikan tidak bisa diabaikan. Pertama, informasi yang jelas dan tepat mengenai AKMI dapat membantu institusi pendidikan untuk meraih akreditasi yang lebih baik, yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan. Kedua, diseminasi yang efektif dapat mendorong kolaborasi antar lembaga pendidikan, memungkinkan pertukaran best practices yang dapat meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran.
Perencanaan Diseminasi Koordinasi dengan Kepala Madrasah Pada tahap ini, Kami akan berkoordinasi dengan pihak Kepala Madrasah, kami menyampaikan maksud dan tujuan serta membuat kesepakatan dengan Kepala Madrasah untuk menyebarluaskan hasil Bimtek tindak lanjut AKMI kepada dewan Guru di MA.Nurul Amin.
Kami Meminta agar Kepala Madrasah dapat mendukung kegiatan ini serta mensosialisasikan kepada seluruh Dewan guru agar mengikuti kegiatan ini.
Penyiapan Perlengkapan Diseminasi
Menyiapkan materi presentasi yang menarik dan mudah dipahami, mencakup:
Ringkasan materi pelatihan antara lain: a.Toleransi keberagaman,wawasan literasi membaca,numerasi,sosial budaya, dan sains MA, dan model pembelajaran
b. Rencana tindak lanjut yang akan kami lakukan akan berfokus kepada Sosial Budaya madrasah
c. Menyiapkan media presentasi (laptop, proyektor, dll.)
d Banner terkait Pelaksanaan Diseminasi AKMI
e. Membuat daftar peserta dan absensi
ATK
Langkah-Langkah Pelaksanaan Diseminasi
Kegiatan Awal :
a. Sambutan kepala madrasah
b. Pembukaan oleh Rekan Guru
c. Perkenalan peserta Bimtek
d. Penyampaian tujuan dan manfaat diseminasi
Kegiatan Inti :
a. Presentasi materi pelatihan (wawasan literasi membaca dan sosial budaya) dan penyusunan skenario pembelajaran
b. Diskusi tanya jawab untuk menggali ide dan masukan peserta
c. Peserta membuat skenario pembelajaran
d. Penyampaian rencana tindak lanjut
Kegiatan Akhir :
- Peserta mempresentasikan hasil skenario pembelajaran
- Sesi tanya jawab
- Post Test
- Penutup dan ucapan terima kasih
Penutup
Indikator Keberhasilan :
a. Semua peserta hadir dan aktif berpartisipasi
b. Peserta memahami materi pelatihan dan rencana tindak lanjut
c. Terdapat kesepakatan bersama mengenai langkah-langkah selanjutnya
d. Terbentuknya komitmen untuk menerapkan hasil pelatihan
e. Peserta pelatihan dapat mengetahui urgensi dan aspek literasi sosial budaya serta penerapannya di Madrasah
Risiko dan Mitigasi :
a. Risiko: Kurangnya kesiapan guru, terbatasnya waktu
b. Mitigasi: Mengalokasikan waktu yang cukup,siapkan alternatif jika terjadi kendala teknis.
By. Nurul Istiqomah, S,Pd and Sintiya Nuriyanti S.Sos