Lumajang/04-juni-2025
Pada hari ketiga pelaksanaan SAS terlaksana dengan lancar dan kondusif. Adapun terdapat 3 Mapel yang di ujikan yakni :
- Jam 1 : SKI
- Jam 2 : Sosiologi (X, XI IPS) dan Fisika (XI IPA)
- Jam 3 : Seni Budaya
Pelaksanaan SAS tersebut siswa/i menggunakan Handphone untuk mengikuti ujian, mengapa harus menggunakan Handphone/IT, yuk intip penjelasan lebih lanjut!
Berikut adalah tujuan IT dalam pelaksanaan sumatif akhir semester yang lebih detail:
- Mempermudah Proses Pengolahan Data: IT memudahkan pengolahan data hasil ujian. Data dapat dikumpulkan dan diolah secara otomatis, sehingga memudahkan guru untuk menganalisis hasil ujian dan memberikan umpan balik kepada siswa.
- Meningkatkan Kesiapan Siswa Hadapi Era Digital: Pelaksanaan sumatif berbasis teknologi juga memberikan siswa pengalaman menghadapi evaluasi berbasis digital, yang relevan dengan perkembangan dunia pendidikan dan dunia kerja modern.
Adapun pelaksanaan SAS terdiri dari 4 ruang dengan masing-masing ruang ada 17/18 siswa/i.
Sumatif Akhit Semester ala MA Nurul Amin di awasi oleh Dewan guru dengan acak/ menyesuaikan jadwal mengawasi yang sudah di tentukan oleh panitia.
Asesmen sumatif dalam pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran atau Capaian Pembelajaran (CP) siswa sebagai landasan untuk menentukan kenaikan kelas atau kelulusan dari lembaga pendidikan. Evaluasi pencapaian hasil belajar siswa dilakukan dengan membandingkan hasil belajar mereka dengan standar pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Tujuan utama dari asesmen sumatif adalah untuk memberikan gambaran komprehensif tentang pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini mencakup evaluasi terhadap pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, keterampilan yang dikuasai, dan kemampuan mereka dalam mengaplikasikan pengetahuan tersebut.
Dengan menyelenggarakan asesmen sumatif pada akhir suatu periode pembelajaran, seperti akhir semester atau akhir satu materi, guru dapat mengukur secara sistematis sejauh mana siswa telah berkembang dalam proses belajar mereka.
Selain itu, asesmen sumatif juga bertujuan untuk memberikan umpan balik yang berguna bagi guru, siswa, dan orang tua.
Hasil asesmen ini memberikan informasi yang jelas tentang area mana yang telah dikuasai siswa dengan baik dan area mana yang masih perlu ditingkatkan. Selain itu, hasil asesmen juga digunakan sebagai dasar bagi guru dalam menentukan nilai atau grade siswa, yang kemudian menjadi landasan untuk membandingkan prestasi siswa dengan yang lainnya serta mempertimbangkan keputusan terkait kenaikan kelas atau kelulusan siswa.
Dengan demikian, asesmen sumatif memainkan peran penting dalam memastikan akuntabilitas dalam proses pendidikan sambil memberikan arah bagi pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa.
By. Nurul Istiqomah, S. Pd