Mengenal lebih lanjut, Sistem Pertahanan Tubuh Terhadap Penyakit

NURUL AMIN

Rata-rata setiap orang pernah mengalami demam. Apa yang Anda rasakan saat mengalami demam? Tentunya merasa tidak nyaman, badan sakit, pusing, bahkan gejala demam bisa berlangsung hingga berhari-hari. Tetapi, tahukah anda bahwa demam adalah salah satu tanda bahwa tubuh sedang melawan patogen asing yang masuk. Jadi, demam merupakan respon tubuh terhadap suatu infeksi atau penyakit. Jika sistem kekebalan tubuh kuat, maka biasanya demam tidak berlangsung lama dan berangsur membaik. Namun, saat kekebalan tubuh melemah, maka demam perlu mendapatkan penanganan yang tepat agar segera membaik. Sistem kekebalan dibentuk oleh sel-sel leukosit, antibodi, dan komponen lain yang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, ada pula kondisi di mana sel-sel imun malah menyerang sel-sel sehat dalam tubuh atau disebut sebagai autoimun.

Baca Juga : Rapat Koordinasi Persiapan Pelepasan Kelas XII

Sistem pertahanan tubuh merupakan sistem yang melindungi tubuh dari partikel berbahaya, patogen, dan benda asing penyebab penyakit serta sel-sel tubuh yang sifatnya abnormal. Sistem pertahanan tubuh disebut juga sebagai sistem imunitas yang berfungsi untuk melindungi tubuh menghadapi penyakit. Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka akan tidak mudah sakit. Sistem pertahanan tubuh bisa dibedakan menjadi dua, jenis sistem pertahanan spesifik dan sistem pertahanan tubuh non spesifik.
Sistem pertahanan eksternal adalah sistem pertahanan tubuh yang berada paling luar dan melindungi agar antigen tidak masuk ke dalam tubuh. Adapun pertahanan internal akan bekerja jika dapat token yang berhasil masuk ke dalam tubuh.

Oleh sebab itu, menjaga imunitas tubuh sangat diperlukan. Ada beberapa macam cara untuk menjaga data tahan tubuh seperti: gaya hidup sehat, berolahraga dengan rutin, istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh. Karena dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

by Anisa Agustina XI IPA

Baca Juga

Bagikan:

Tags