Makna Idul Fitri Sebagai hari besar umat Islam, kehadiran hari raya Idul Fitri sangat dinanti-nanti. Namun, jangan sampai kita tak mengerti makna Idul Fitri yang sesungguhnya. Yuk kita simak sejenak …

NURUL AMIN

Perayaan idul fitri setiap tahunnya dirayakan dengan penuh suka cita oleh setiap umat muslim. Perayaan idul fitri ditiap tiap daerah biasanya mempunyai tradisi sendiri.
Namun ada beberapa tradisi yang disetiap daerah mempunyai kesamaan. Seperti: umat Islam akan saling mengucapkan selamat Idul Fitri dengan berjabat tangan dan pelukan formal sebagai berbagi kebahagian dan saling memaafkan kesalahan yang telah lalu. Biasanya juga akan dilakukan silaturahmi dengan mengunjungi rumah-rumah tetangga sekitar. Tidak berhenti di situ, di rumah-rumah juga akan disediakan jajanan khas lebaran serta hadiah-hadiah yang kerap diberikan kepada anak-anak dan mereka yang membutuhkan.
Perayaan Idul Fitri biasanya akan berlangsung selama dua hingga 7 hari tergantung tradisi masing- masing daerah.
Idul Fitri menandakan berakhirnya waktu puasa Ramadhan dan sering diartikan juga sebagai hari kemenangan. Makna spiritual yang terdapat di dalamnya selain refleksi dan kegembiraan, Idul Fitri juga sebagai waktu untuk amal, yang dikenal sebagai Zakat al-Fitr. Idul Fitri dimaksudkan sebagai waktu sukacita dan penuh berkah bagi seluruh umat Muslim dan waktu untuk membagikan harta kekayaan seseorang kepada mereka yang tidak mampu agar turut berbahagia di hari raya.

“Idul Fitri adalah waktu untuk memperbaiki, memaafkan dan merenung. Selamat merayakan hari yang Fitri. Mari jadikan momentum hari kemenangan ini untuk menjadi insan yang semakin baik dalam ketaatan.”

by Sintiya Nuriyanti

Baca Juga

Bagikan:

Tags