Rapat Forum Operator Madrasah: “Sinau Bareng Pendataan Pada Aplikasi PDUM” di MA Nurul Amin Rojopolo

Sebagaimana dilansir dari laman kamimadrasah.id bahwasannya Pendataan siswa kelas akhir dan Blanko Ijazah siswa madrasah Tahun 2023-2024 melalui aplikasi PDUM Kemenag oleh Direktorat Kelembagaan, Sarana, Kurikulum, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah akan segera dimulai pada 10 November 2023 sampai dengan 10 Januari 2024.

PDUM atau Pangkalan Data Ujian Madrasah merupakan aplikasi yang dikelola oleh Kementerian Agama RI untuk pendataan peserta didik kelas akhir disetiap jenjang pendidikan madrasah guna penghitungan kebutuhan alokasi blanko ijazah.

Sehubungan dengan hal tersebut Zainuddin, M.Pd selaku Koordinator Operator Madrasah melakukan Kegiatan “Sinau Bareng Pendataan Pada Aplikasi PDUM” yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Nurul Amin Rojopolo dan dihadiri oleh segenap operator Madrasah yang ada di Kab. Lumajang. (15/11/2023)

Adapun hasil rapat forum Operator Madrasah Kab. Lumajang di Madrasah Aliyah Nurul Amin, diantaranya:

1. Nomor seri ijazah harus sesuai PDUM

2. NISM (Nomor Induk Siswa Madrasah) harus segera dilengkapi sesuai dengan nomer induk

3. Menu Konfirmasi EMIS menunggu intruksi/edaran yang penting tuntaskan menu monitoring hijau semua

4. Siswa telat input, maka di input melalui PPDB tahun depan

5. Siswa Mutasi tidak boleh di input melalui PPDB, tetapi melalui fitur mutasi.

6. Satu NIK satu siswa, harus valid untuk yang residu segera update

7. NISN Residu segera di tuntaskan

8. Sinkronisasi data PDUM menunggu data lebih lanjut

Terdapat beberapa poin penting yang harus di pahami oleh seluruh madrasah dalam melakukan proses pendataan siswa kelas akhir dan Blanko Ijazah siswa madrasah Tahun 2023-2024 melalui APlikasi PDUM Kemenag.

Sehingga dengan adanya forum kegiatan ini diharapkan madrasah dapat memastikan bahwa seluruh peserta didik telah memiliki NISN yang valid dan sesuai dengan pangkalan data NISN siswa masing-masing. Dan semoga dengan kegiatan ini juga dapat memberikan manfaat kepada operator dan madrasah dalam mempersiapkan seluruh data yang dibutuhkan dalam proses Pendataan Aplikasi PDUM Kemenag Tahun 2023-2024.

By Elin Dinata Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *