Menjadi Peserta MATRIKS Competition VII (Cindy Vantika Sari dari MA Nurul Amin): Persiapkan Materi, Mental, dan Teknis yang di Butuhkan

NURUL AMIN

Matematika, Nalaria, Realistik, dan Rasional (MATRIKS) Competition merupakan ajang olimpiade matematika yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika UIN KH Achmad Siddiq Jember.

Matriks Competition ini pertama kali diselenggarakan pada Februari 2017 dan berlanjut hingga sekarang. MATRIKS Competition ini diselenggarakan untuk tingkat SD/MI se-derajat se-Jawa Timur, SMP/MTs se-derajat se-Jawa Timur dan SMA/MA se-derajat se-Jawa Timur.

Matrik Competition tahun ini merupakan MATRIKS Competition ke Vll dengan tetap di selenggarakan semi offline seperti tahun sebelumnya namun dengan konsep yang berbeda tentunya, adapun dengan uraian technical meeting, babak penyisihan, dan babak semifinal secara online, sedangkan pada babak final-pengumuman secara offline dengan tema “Explore and Increase your math logic for a better future”.

Dalam MATRIKS Competition kali ini Madrasah Aliyah Nurul Amin telah salah satu siswa yang memang mampu di bidang tersebut yakni “CINDY VANTIKA SARI”

Sebagai salah satu peserta MATRIKS Competition Cindy mengungkapkan “saya merasa betapa pentingnya persiapan yang matang untuk menghadapi kompetensi ini. Saya juga banyak belajar soal-soal matriks yang berhubungan dengan materi yang akan di ujikan dalam kompetensi ini. Dengan demikian saya bisa lebih siap dan percaya diri saat menghadapi ujian di babak penyisihan nantinya.”

Selain persiapan materi, peserta lomba MATRIKS Competition juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai tantangan dan halangan yang mungkin terjadi selama kompetisi. Salah satunya adalah persaingan dengan peserta lain yang memiliki kemampuan dan wawasan yang lebih tinggi. Ini bisa menjadi kendala besar bagi peserta yang kurang percaya diri atau belum mempersiapkan diri dengan baik.

Tantangan lain yang mungkin dihadapi oleh peserta Matriks Competition adalah masalah teknis seperti jaringan yang buruk atau kesalahan teknis pada sistem. Kesalahan teknis pada sistem dapat sangat mengganggu dan bahkan membuat peserta kehilangan kesempatan untuk bertanding. Oleh karena itu, masing2 pihak sekolah harus memastikan sistem dan jaringan yang digunakan oleh peserta selama kompetisi berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Dalam kesimpulannya, MATRIKS Competition merupakan ajang bergengsi yang membutuhkan persiapan yang matang dan menghadapi berbagai tantangan dan halangan. Para peserta lomba MATRIKS Competition harus mempersiapkan diri dengan baik, baik itu dari segi materi, mental, maupun teknis

By Elin Dinata Putri

Baca Juga

Bagikan:

Tags