Peran Guru BK dalam Memotivasi Siswa di MA Nurul Amin Rojopolo

NURUL AMIN

Guru BK atau dikenal juga dengan konselor sekolah adalah seorang psychological-educator atau guru yang memberikan pelayanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik. Bimbingan tidak cuma diberikan kepada anak-anak yang bermasalah saja, akan tetapi setiap peserta didik punya hak untuk mendapatkan bimbingan dan konseling. Bimbingan yang diberikan ini meliputi bimbingan sosial, karir, belajar, dan masalah-masalah lainnya.

Dengan adanya Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah diharapkan dapat membantu peserta didik untuk mengaktualisasikan diri yang dimiliki peserta didik secara optimal sehingga dapat tercapai prestasi yang lebih baik. Jadi agar dapat mengembangkan dan mewujudkan berbagai potensi yang dimiliki oleh siswa di MA Nurul Amin Rojopolo, maka peranan guru BK sangat dibutuhkan untuk memberikan pelayanan dalam mengembangkan, pembinaan dan pemecahan masalah bagi setiap siswa.

Peran guru BK tidak serta merta digantikan oleh guru mata pelajaran, sebab guru BK memungkinkan untuk fokus pada masalah siswa, berbeda dengan guru mata pelajaran yang fokus pada pencapaian hasil belajar siswa.

Dengan adanya motivasi siswa ini diharapkan guru BK dapat berperan lebih optimal untuk para siswa dalam penguatan aspek psikologis dan mengkomunikasikan bersama guru kelas berbagai permasalahan dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses Pembelajaran.

By : Elin Dinata Putri

Baca Juga

Bagikan:

Tags