Pendampingan Teknis Penyusunan E – RKAM Tahun 2022 Pada Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Kabupaten Lumajang

Kamis 29 Desember 2022 Kelompok Kerja Madrasah Wilayah Utara mengadakan kegiatan Pendampingan Teknis Penyusunan E-RKAM yang pemeterinya adalah Pengawas MA Se Kabupaten Lumajang yaitu, Aba Mukhammad Arifi, Umy Habibah dan umy yanik , beliau bertiga adalah Pengawas Bina MA Se Kabupaten Lumajang.

Sesuai edaran yang berada di undangan bahwa dalam kegiatan Pendampingan Penyusunan E – RKAM kali ini yang harus hadir Kepala Madrasah, Bendahara, dan Oprator.

MA Nurul Amin bisa hadir semua yaitu Ustadz Su’udi ( Kepala MA Nurul Amin ), Ustadz Muhammad Decky Lutfianto ( Oprator MA Nurul Amin, dan Ustadzah Siti Fatima ( Bendahara MA Nurul Amin ).

Dalam kegiatan ini Aba Mukhamad Arifi, selaku Pengawas Bina MA Nurul Amin membuka sekaligus memberikan sambutan pemgantar dalam kegiatan Pendampingan Teknis Penyusunan E-RKAM Tahun 2022 ” Kami berharap kegiatan yang di gagas oleh Pengawas MA Se Lumajang ini mampu memberikan pengetahuan baru , sehingga penyusunan EDM, E- RKAM dan Visi Misi tidak asal-asalan , semua punya dasar dan acuan yang jelas sehingga ter Administrasi dengan baik dan benar ” imbubnya.

Materi Pertama disampaikan oleh umy Yanik tentang Evaluasi Madrasah ( EDM ), beliau mengawali dengan 5 Aspek Budaya mutu yang harus dipahami pengelola Madrasah

  1. Kedisiplinan Warga Madrasah
  2. Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan
  3. Penyiapan, Pelaksanaan, dan Penilaian Proses Pembelajaran
  4. Penyediaan Sarana Pembelajaran dan penggunaannya.
  5. Penyusunan perencanaan dan pengelolaan anggaran yang baik dan transparan.

Ada beberapa metode penilaian indikator, diantaranya adalah ;

  1. Anggota TPM secara bersama mencermati dan memahami setiap indikator dalam instrumen EDM
  2. TPM mengumpulkan data, informasi dan bukti fisik yang diperlukan untuk menilai setiap indikator. Bukti fisik dapat berupa data, dokumen, foto, hasil wawancara atau hasil pengamatan.
  3. Berdasarkan data, informasi dan bukti fisik diatas, anggota TPM menetapkan level pencapaian indikator 1, 2, 3 atau 4
  4. Sekolah menetapkan tingkat pencapaian kinerja dan tidak hanya sekedar memberikan tanda cek ( centang ) pada setiap butir dalam instrumen EDM
  5. TPM harus memberikan penilaian indikator dalam EDM secara objektif berdasarkan kondisi riil di madrasah

Semoga kegiatan ini mampu membeikan pengetahuan baru bagi setiap Madrasah agar dalam penyusunan EDM dan Visi Misi sesuai dengan rambu – rambu / tuntunan yang benar dan baik.

Salam semangat berjuang dan maju bersama seluruh Madrasah Aliyah se kabupaten Lumajang aamiin.

By. Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *