Apa Itu Halloween?

NURUL AMIN

Apa Itu Halloween?
Di banyak tempat, ada perayaan-perayaan yang memiliki tema yang sama namun namanya berbeda-beda. Itu adalah perayaan yang berkaitan dengan para arwah, dewa-dewi, penyihir, bahkan setan dan roh-roh jahat. Misalnya, di Amerika Utara dan Eropa, perayaan yang bernama Halloween dikenal luas dan dirayakan tiap tanggal 31 Oktober. Banyak kebiasaan yang dilakukan pada perayaan Halloween dilakukan juga di tempat-tempat lain

Halloween merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Eropa dan Amerika setiap tahunnya.
Kadang, mereka juga merangkai kata-kata Halloween yang membuat bergidik untuk menggambarkan keseramannya

Halloween bermula saat Festival Celtic Eropa kuno bernama Samhain (Saman) kurang lebih 2000 tahun lalu, yang digelar untuk menandai akhir musim panas dan masa panen, serta datangnya musim dingin yang gelap.

Seperti dikutip dari eprints.umm.ac.id/kajian-pustaka (2021:27) bahwa Halloween atau (Samhain) merupakan sebuah tradisi yang dilakukan setiap akhir Oktober. Konon, saat itulah para arwah dan makhluk gaib sedang aktif-aktifnya bergentayangan.

Tradisi ini tetap berjalan bahkan meluas ke beberapa bangsa di Eropa. Perkembangan tradisi ini mulai meluas, ketika ribuan orang pindah dari Irlandia ke Amerika Serikat, mereka membawa juga kebiasaan Halloween.

By : Lailatul Munawaroh ( Anggota MPK periode 2022/2023)

Baca Juga

Bagikan:

Tags