Peran Siswa dalam Mengedukasi Masalah Sosial Lewat Mading Sekolah

NURUL AMIN

Lumajang – Banyak cara untuk mengajak para siswa-siswi untuk peduli terhadap masalah sosial. Jika dalam lingkungan bisa disalurkan melalui mading ( majalah dinding) sekolah.

Masalah sosial di Indonesia dapat terjadi dari ruang lingkup yang kecil hingga lingkup besar, dari masalah keluarga hingga permasalahan antar suku atau agama. Timbulnya masalah sosial dapat merugikan masyarakat dan mengganggu keseimbangan fungsi sosial. Salah satu masalah sosial yang sangat menonjol adalah tentang kemiskinan.
Menurut Soerjono Soekanto, ahli sosiologi hukum, kemiskinan adalah suatu keadaan di mana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental, maupun fisiknya dalam kelompok tersebut.

Diharapkan siswa mampu mengerti masalah sosial yang terjadi dilingkup sekitar selain kemiskinan, contohnya seperti pengangguran, kesenjangan sosial, kriminalitas, tingginya penyakit menular, Pendidikan yang rendah dan kenakalan remaja.

By. Dwi Anggita

Baca Juga

Bagikan:

Tags