Majalah Dinding Dengan Tema ” Sumpah Pemuda ” Oleh Kelas 11 B IPS MA Nurul Amin.

Mengambangkan potensi Siswa dengan Mading di Madrasah adalah solusi yang liar biasa bisa dilakukan oleh pengelola lembaga, karena mading adalah solusi tepat untuk menggali potensi siswa.

Mading minggu ini mengangkat tema “Sumpah Pemuda” kalau Sejarah dan tema Sumpah Pemuda 2021 kemarin dengan tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”.
Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Detik-detik lahirnya Sumpah Pemuda terjadi pada rapat ketiga Kongres Pemuda II. Dirangkum dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ikrar Sumpah Pemuda adalah hasil putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres tersebut digelar setelah sebelumnya dilaksanakan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). Namun, Kongres Pemuda I diakhiri tanpa hasil yang memuaskan.
Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Dalam mading yang ditulis oleh anak kelas 11 B IPS ini berisi

  1. Biografi Amir Syarifuddin
  2. Biografi Jhohan Muhammad
  3. Biografi Djoko Marsaid
  4. Biografi Soegondo Djoyopoepeto
  5. Biografi Muhammad Yamin
  6. Biografi R . Kat Jasingkana
  7. Foto para pahlawan

Diharapkan Penulisan Biografi ini Siswa dan siswi MA Nurul Amin mampu mengenang sejarah dan asal muasal para pejuang yang telah berjasa besar dalam pembangunan bangsa ini.

By. Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *