Desain dan Supervisi Pembelajaran Oleh Pengawas Madrasah Aliyah Se Kabupaten Lumajang

Sosialisasi Desain Dan Supervisi Pembelajaran Oleh Pengawas Madrasah Aliyah Se Kabupaten Lumajang mulai Selasa Tanggal 11 Januari s/d Kamis Tanggal 14 Januari 2022 mendapat respon luar biasa Kepala Madrasah Se Kabupaten Lumajang, terbukti dari 3 pelaksanaan tersebut 95 % Bisa dihadiri langsung Kepala Madrasah termasuk Kepala MA Nurul Amin Ustadz Su’udi. Ada beberapa kepala Madrasah tidak hadir karena udzur sakit.

Kegiatan ini diadakan untuk merespon dan menjawab hasil evaluasi PKKM yang perlu di seragamkan cara pelaksanaan Supervisi yang terkadang menjadi persoalan lembaga.

Sesi Pertama
Desain Supervisi Pembelajaran
Oleh Ustadzah Ummy Luluk

Supervisi Pembelajaran adalah serangkain usaha Pendampingan terhadap aktifitas Pembelajaran di Madrasah untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran.

Tujuannya adalah

  1. Memberikan pemahaman kepada Peserta tentang konsep, perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut supervisi pembelajaran
  2. Membantu perbaikan berkelanjutan dan peningkatan pengelolaan pembelajaran sehingga terwujud kondisi proses pembelajran yang sebaik-baiknya di Madrasah.

Mamfaat Supervisi Pembelajaran

  1. Memberikan informasi kepada guru tentang kelebihan dan kekurangan dalam hal :
    a. Menyusun perencanaan pembelajaran
    b. Melaksanakan pembelajaran
    c. Menyusun instrumen
  2. Sebagai bahan refleksi guru dalam rangka menungkatkan wawasan, kompetensi, dan profesionalisme

TEKNIK SUPERVISI PEMBELAJARAN

  1. Teknik Supervisi Individu, meliputi
    a. Kuniungan kelas
    b. Kuniungan observasi
    c. Pertemuan individu
    d. Kunjungan antar kelas
  2. Teknik Supervisi Kelompok, meliputi
    a. Mengadakan pertemuan
    b. Mengadakan diskusi kelompok
    c. Mengadakan pelatihan
    d. Mengadakan implementasi tindak lanjut

Sesi Kedua
Pembelajaran Aktif
Oleh Ustadzah Ummy Habibah

Dalam pembelajaran aktif ini ummy habibah dapat memberkan contoh kepada semua kepala Madrasah untuk dapat memilah dam memilih, sehingga bisa menentukan mana pembelajaran yang aktif dan tidak.

Dalam kesempatan ini beliau mengajak Semua peserta bagaimana cara menata bangku, memulai pembelajaran, membagi kelompok dll, sehingga semua peserta merasa asyik dan haus akan gaya dan peran aktifnya yang diperagakan oleh ummy habibah.

Sesi Ketiga
Praktek Supervisi Pembelajaran
Oleh Ustadzah Yanik Eka

Ummy yanik Eka menpraktekan bagaimana seharusnya kepala Madrasah melakukan Tahapan – tahapan supervisi sehingga Supervisi yang dilakukan kepala Madrasah sesuai dengan aturan supervisi yang berlaku di abad ke 21 ini

Beliau dengan telaten mendatangi satu persatu meja peserta untuk mengamati hasil LK yang diikerjakan secara berkelompok, sambil sesekali menyuruh mempresentasikan setiap kelompok yang mendapat lemparan bola yang digulung dari kertas.

Tanpa sadar waktu terus melaju hingga tidak terasa 1,5 jam bersama beliau.

Sesi Keempat
Pemberian Umpan Balik Dan Rencana Tindak Lanjut Perbaikan Proses Pembelajaran
Oleh Ustad Moh. Arifi

Umpan balik supervisi akademik pada hakikatnya merupakan komentar terhadap suatu hasil pekerjaan, dalam hal ini adalah proses pembelajaran.

Umpan balik adalah upaya untuk memberi pertolongan bagi supervisor dalam melaksanakan tindak lanjut supervisi

Hasil supervisi perlu ditindak lanjuti agar memberikan dampak yang nyata untuk meningkatkan profesionalisme guru. Dampak nyata ini diharapkan dapat dirasakan masyarakat dan stakholder.

Guru yang profesional dan berkualitas akan mendorong proses pembelajaran yang berkualitas dengan menjunjung tinggi keberagaman dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal terhadap peserta didik, sehingga prestasi hasil belajar perta didik meningkat.

Menyusun Rencana tindak lanjut supervisi akademik dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab kepada Madrasah dalam perbaikan proses pembelajaran guru.

Remcana tindak lanjut dapat berupa pemberian penguatan dan pemghargaan baik berbentuk promosi maupun materi kepada guru yang menunjukan kinerja memenuhi atau melampaui standar

Selain itu juga dapat berupa pemberian kesempatan untuk mengikuti program pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Semoga pelaksanaan ini terus berkelanjutan , dawuhnya kepala MA Nurul Amin agar pengelolaan pendidikan di masing – masing lembaga terus membaik dan meningkat seiring dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat pada Madrasah.

By. Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *