30 Oktober, Hari Oeang Republik Indonesia

Hari uang nasional

Tak banyak orang yang tau, setiap 30 Oktober memperingati Hari Keuangan Nasional yang menerbitkan Emisi Pertama uang kertas yaitu Oeang Repoeblik Indonesia (ORI) pada 30 Oktober 1946 dan pada saat itulah pemerintah Indonesia menyatakan tanggal tersebut sebagai tanggal beredarnya ORI.

Penerbitan ORI bertujuan untuk menyehatkan ekonomi yang tengah dilanda hebat kemerosotan nilai uang (kertas), sehingga menyebabkan harga barang-barang menjadi naik.
Melalui keputusan Menteri Keuangan (KEMENKEU) tanggal 29 Oktober 1946 ditetapkan pemberlakuan ORI secara sah mulai dari 30 Oktober 1946 pukul 00.00.

Melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta 30 Oktober 1946, Wakil Presiden Indonesia yaitu Mohammad Hatta berpidato di detik-detik pengesahan ORI, “Besok, tanggal 30 Oktober 1946 adalah suatu hari yang mengandung sejarah bagi tanah air kita. Rakyat kita menghadapi penghidupan baru. Besok, mulai beredar Oeang Republik Indonesia sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah.
Mulai pukul 12 tengah malam nanti, uang Jepang yang selama ini beredar sebagai uang yang sah, tidak laku lagi. Beserta uang Jepang itu ikut pula tidak laku uang Javasche Bank.
Dengan ini, tutuplah suatu masa dalam sejarah keuangan Republik Indonesia. Masa yang penuh dengan penderitaan dan kesukaran bagi rakyat kita. Uang sendiri itu adalah tanda kemerdekaan Negara”
Seluruh rakyat Indonesia menerima perasaan bangga atas terbitnya mata uang Oeang Republik Indonesia sebagai salah satu identitas negara dan salah satu bentuk kedaulatan negara.

Selanjutnya, presiden Indonesia yaitu Ir Soekarno, mengesahkan Oeang Republik Indonesia sebagai mata uang pertama negara dan menetapkan tanggal 30 Oktober sebagai Hari Keuangan Nasional.

By..Aysila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *