HARI BATIK NASIONAL

Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia.Dalam sejarahnya, pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan budaya takbenda atau Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Penetapan ini sekaligus menjadi pengakuan bahwa batik merupakan budaya asli Indonesia.

Hari Batik Nasional diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan batik. Melalui Imbauan Kemendikbud Dalam rangka memperingat Hari Batik Nasional tahun 2019, Kemendikbud menerbitkan Surat Edaran Mendikbud Tentang Peringatan Hari Batik Nasional Tahun 2019. Surat yang ditandatangani Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi ini dalam rangka peringatan 10 tahun Hari Batik pada 2 Oktober 2019 ini, para pimpinan unit Iingkungan Kemendikbud hingga Kepala SekoIah/Madrasah di seluruh Indonesia dihimbau untuk:

  1. Mengenakan pakaian batik pada tanggal 2 Oktober 2019.
  2. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan mempromosikan batik seperti pameran, peragaan busana, lomba membatik dengan teknik canting, dan lain-lain.
  3. Menghias gedung instansi masing-masing dengan hiasan bernuansa batik selama 5 (lima) hari mulai tanggal 30 September sampai dengan 5 Oktober 2019.

Sabtu, 02 Oktober 2021 Madrasah Aliyah Nurul Amin ikut serta dalam memperingati Hari Batik Nasional ini dengan Cara mengenakan pakain Batik bagi seluruh civitas sekolah sebagai dasar menghormati budaya asli indonesia sekaligus warisan ke budayaan.

by : Siti Fatimah, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *