Ada ANBK, Sekolah Tatap Muka Dihentikan Selama Dua Hari

Pelaksanaan ANBK ( Asesment Nasional Berbasis Komputer ) di lingkungan Madrasah Aliyah Nurul Amin Rojopolo dilangsungkan selama dua hari dimulai dari hari Senin 27 September 2021 sampai dengan 28 September 2021. Dengan adanya ANBK maka Pelaksanaan Tatap Muka (PTM) di Madrasah Aliyah Nurul Amin diberhentikan selama dua hari. Awal mula dilaksanakannya ANBK ini karena ditiadakannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Peniadaan UNBK tidak lantas membuat indikator penilaian mutu sekolah dihilangkan.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan sekolah dengan melihat kemampuan siswa, namun bukan indikator kelulusan siswa. ANBK ini diadakan secara daring.

ANBK menyasar tiga kategori penilaian. Yang pertama adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif, yaitu literasi dan numerasi. Kemudian ada survei karakter dan survei lingkungan belajar dengan pengadaan instrumen yang akan dijawab oleh Kepala Madrasah dan guru.

by : Dwi Anggita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *