Manfaat Menulis Bagi Kesehatan

“MENULIS” mungkin terdengar seperti hal receh yang biasa dilakukan seorang siswa..sehingga seringkali bagi mereka yang bukan siswa masih banyak yang menyepelekan kegiatan Menulis ini.

_”Ikatlah Ilmu dengan Tulisan”(Kutipan Ali Bin Abi Thalib)_

Semakin banyak kita menulis, berarti kian besar jumlah ilmu yang kita kebat.Itu menandakan seberapa penting dan membiasakan diri agar Menulis.Tak hanya itu,,dengan Menulis ada beberapa Manfaat bagi kesehatan

1. Meredakan stres

Menulis dapat membantu meluapkan emosi yang sedang dirasakan dan pendam, terutama emosi negatif, seperti kemarahan, kesedihan, atau kekecewaan. Dengan cara ini, akan merasa lebih tenang, sehingga terhindar dari stres dan kecemasan berlebih.

2. Memecahkan masalah dengan lebih baik

Menulis dapat melatih otak kiri dan kanan sekaligus juga membantu membuka sisi kreatif sehingga lebih mahir mendapatkan solusi-solusi inovatif untuk masalah yang tampaknya sulit untuk diselesaikan.

3. Menuangkan perasaan sesuai keinginan

Menulis bisa menjadi sarana untuk melatih diri merangkai kata serta menuangkan emosi dan perasaan menjadi sesuatu yang bisa diceritakan kepada orang lain.

4. Memperbaiki suasana hati

Menulis juga dapat membantu memperbaiki mood. Kadang kala, kita bahkan tidak tahu apa yang membuat mood kita jelek.Selain itu, menulis juga bisa menjadi sarana untuk jujur kepada diri sendiri, sarana untuk membicarakan hal-hal positif kepada diri sendiri, atau sarana untuk menuliskan hal-hal apa saja yang kita syukuri hari ini. Memang benar, ini semua bisa saja diutarakan dalam pikiran. Namun dengan menulisnya, jadi memiliki bukti fisik dan bisa lebih mengontrol perasaan.

5. Meningkatkan daya ingat

Stres yang tidak tersalurkan dengan baik dapat menghabiskan energi yang diperlukan otak untuk membentuk daya ingat dan berpikir. Seperti yang disebutkan di atas, menulis dapat membantu mengurangi tingkat stres, sehingga berdampak baik pada daya ingat dan kemampuan berpikir. Menulis bisa di mana saja. Namun, sebaiknya memiliki satu tempat untuk menulis, sehingga tulisan bisa terdokumentasi dengan baik juga bisa memilih terlebih dahulu alat apa yang ingin Anda gunakan, misalnya dengan laptop, telepon seluler, atau buku catatan.

By; Alisya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *