Tanggung Jawab Operator Madrasah

Operator madrasah menjadi bagian yang penting di madrasah atau sekolah.Apa sajakah tugas dan tanggung jawab seorang operator di madrasah atau sekolah ? sebelum lebih lanjut kita definisikan dulu pengertian operator madrasah.

Menurut KBBI operator adalah ope·ra·tor n orang yang bertugas menjaga, melayani, dan menjalankan suatu peralatan, mesin, telepon, radio, dan sebagainya.Madrasah merupakan sebuah kata dalam bahasa Arab yang artinya sekolah. Asal katanya yaitu darasa yang artinya belajar. Di Indonesia, madrasah dikhususkan sebagai sekolah yang kurikulumnya terdapat pelajaran-pelajaran tentang keislaman.

Jadi bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa operator madrasah adalah seseorang yang mengoperasikan sesuatu yang berkaitan dengan data yang berhubungan dengan individu ataupun lembaga tersebut.

Lalu apa dan bagaimana tugas dan tanggung jawab seorang operator di madrasah,

  1. Tugas berkaitan dengan guru (individu) mengoperasikan aplikasi SIMPATIKA, adalah sistematau aplikasi yang berisi mengenai profil lengkap seorang pendidik atau karyawan lembaga tersebut, misalnya ijazah, SK, data keluarga, tunjangan sertifikasi ( ini yang paling riskan) , absensi, jadwal, dan masih banyak lagi.
  2. Tugas berkaitan dengan lembaga dan kesiswaan yaitu EMIS, adalah sistem atau aplikasi yang berkaitan tentang data siswa ( erat hubunganya dengan dana BOS) lengkap dan inventaris madrasah.

Kedua hal tersebut adalah tugas yang paling pokok dari seorang operator madrasah, namun kebanyakan kenyataanya bahwa operator madrasah ini merangkap sangat banyak tugas, dari sekretaris madrasah , guru, wali kelas, bahkan kegiatan ekstra kurikulerpun selalu dilibatkan.

Seorang operator madrasah memang bukan orang sembarangan, harus multilenta, semangat, ulet, pantang menyerah dan yang pasti bukan orang yang pemalas.

Kerja operator madrasah tidak terbatas waktu namun tidak begitu kelihatan, karena kebanyakan dari mereka mengerjakanya selepas dari kegiatan KBM, jadi guru yang bukan operator sudah pulang beliau masih lembur ( walau gak pernah dihitung lemburanya).

Dirumahpun harus selalu siap siaga tentang laporan laporan mendadak yang dibutuhkan atasan, dalam hal ini adalah Kemenag kadang membutuhkan data mendadak dan wajib. 

Bisa dibilang bahwa operator madrasah adalah tangan kanannya kepala sekolah, jadi berbaik hatilah kepada operator madrasah walau kerjanya memang gak begitu terlihat tapi hasilnya sangat nyata.

by : OPM ( Operator Madrasah )

2 Komentar pada “Tanggung Jawab Operator Madrasah”

  1. Maaf pak saya mau tanya, apakah penginputan RDM adalah tugas operator, mohon arahnya nya terimakasih

    1. mohon maaf baru bisa menjawab
      terkait RDM tugas operator itu benar bapak
      tapi operator tugasnya hanya mengisi data lembaga, siswa, guru, mapel, dan rombel
      kalau untuk nilai itu bukan tugas operator tapi tugas guru dan walikelas masing2
      terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *