MA. NURUL AMIN “MENCETAK KADER LEADER YANG BERKARAKTER”

NURUL AMIN

MA Nurul Amin Rojopolo mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi calon pengurus OSIM dan MPK 2022, bertempatan di sekolah. LDK pada tahun ini tidak jauh berbeda dengan LDK tahun sebelumnya, di karenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan LDK di luar sekolah sekaligus menyikapi keputusan presiden terkait PPKM. LDK merupakan wadah bagi siswa-siswi untuk belajar meningkatkan karakter kepemimpinan, pelaksanakan acara tersebut pada Sabtu (31/7/2021) lalu.

Diawali dengan pembukaan oleh Kepala Madrasah, Ustadz Su’udi, S.Pd.I, dilanjutkan dengan agenda kegiatan yang sangat padat, mulai dari materi leadership, administrasi organisasi, pembentukan kepribadian, maupun game game tentang motivasi kepemimpinan, semua diikuti dengan senang hati oleh peserta LDK.

Lebih jauh Kepala Madrasah menghimbau pada peserta, “Kalian adalah orang-orang yang diberi kesempatan untuk berorganisasi dan menjadi pemimpin, maka manfaatkan kesempatan ini dengan menggali ilmu tentang organisasi dan kepemimpinan sebanyak-sebanyaknya, karena bagaimanapun ketika nanti sudah terjun ke masyarakat jelas sekali bedanya antara yang ikut organisasi dan tidak, orang yang ikut organisasi seterusnya akan berperan penting”.

Tantangan demi tantangan diberikan kepada peserta LDK, dan tantangan-tantangan itu dikemas dalam berbagai game Motivasi dan Edukasi, sehingga semua peserta dapat mengikutinya dengan senang hati. Diantaranya adalah mereka harus menjelajah yang lebih bermain dengan otak daripada otot, tapi tetap dengan segala macam rintangan yang berat seperti harus berjalan dengan mata tertutup, melewati tanah berbatu dan krikil dengan tiarap, dan lain-lain.

Program LDK ini adalah program tahunan yang wajib diikuti oleh semua siswa, karena dengan kegiatan ini diharapkan tumbuh kesadaran dan kemandirian siswa terkait berbagai hal selama menjadi seorang pelajar. Mereka yang terpilih menjadi pengurus OSIM dan MPK melalui seleksi yang begitu ketat, harus bersaing demi cita-cita yang luhur, karena tidak sembarang siswa bisa menjadi pengurus OSIM dan MPK, siap meluangkan waktu, siap jadi teladan, siap disiplin, siap jadi pemimpim, siap untuk mandiri dan untuk sekian amanah yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah rowndown agenda dan materi LDK MA. Nurul Amin Rojopolo :

  • Materi  1 (Prinsip Dasar Kepemimpinan)
  • Materi  2 (Keorganisasian)
  • Materi  3 (Pramuka Tali-Temali)
  • Materi 4 (Proposal Dan Surat Resmi)
  • Materi 5 (Public Speaking)
  • Outbond 1 (Praktek Tandu)
  • Outbond 2 (Tusuk Pentol)
  • Outbond 3 (Tali LDR)
  • Outbond 4 (Sedotan Asmara)
  • Outbond 5 (Cerdas-Cermat)
  • Lari Pagi + Senam Bugar
  • Jelajah Medan (JELDAN)

Dalam penutupan LDK pada Ahad (1/8/2021) di laksanakan upacara dengan segenap kelompok peserta LDK di lapangan MA. Nurul Amin Rojopolo, sekaligus pemberian hadiah bagi kelompok peserta terbaik. Ustadz Su’udi, S.Pd.I berpesan “Jadilah kalian Leader yang berkarakter, produktif, kreatif dan amanah berideologikan Ahlussunnah wal Jama’ah”. (mk)

Baca Juga

Bagikan:

Tags