SEMARAK IDUL ADHA (QURBAN) BERSAMA MA NURUL AMIN

Setiap tanggal 10 Dzulhijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah.

Seperti halnya yang dilakukan MA Nurul Amin, Lembaga ini memiliki keistiqomahan setiap tahunnya untuk turut ikut andil dalam penyembelihan qurban yang nantinya dibagi-bagikan kepada masyarakat sekitar, selain merupakan sunnah hal ini di lakukan untuk mengungkapkan rasa syukur para dewan guru dan siswa-siswi MA Nurul Amin kepada Allah SWT. Seperti yang telah disebutkan dalam Surat Al Hajj ayat 28. Allah SWT berfriman :

لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ : 28

Supaya mereka mempersaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang telah Allah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir. (QS. Al hajj: 28)

Semoga Allah SWT memberi kesempatan bagi kita untuk bertemu Idul Adha (Qurban) ditahun yang akan datang.

By : M Syarifuddin Al Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *