Sosialisasi Juknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2020/2021 di MA Darul Ulum Ranupakis Klakah Lumajang

Rabu, (14/07/2021) kemarin, salah seorang guru MA. Nurul Amin Rojopolo saudara Muamar Qodafi, S.Pd.I mengikuti Sosialisasi Petunjuk Dan Teknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah Aliyah tahun pelajaran 2020/2021 yang diadakan oleh pengurus KKMA Wilayah Utara di Aula MA Darul Ulum Ranupakis Klakah.

Kegiatan yang dimulai jam 08.30 hingga jam 12.00 tersebut diikuti oleh perwakilan madrasah dari KKMA Wilayah Utara yaitu Kecamatan Kedungjajang Jatiroto dan Randuagung. Hadir sebagai narasumber Bapak Arif Mustofa, S.Pd Staf Pendma Bagian Kurikulum.

Bapak Arif Mustofa, S.Pd dalam penyampaian materi menuturkan “Menulis ijazah itu tidak boleh asal-asalan, salah satu huruf apalagi sampe satu kalimat bisa berakibat fatal. Karena apabila ada kesalahan untuk mendapatkan blangko ijazah itu prosesnya ruwet bahkan bisa sampai satu tahun, jadi ikutilah juknis yang telah ditetapkan dalam SK Dirjen Pendis Nomor 1835 Tahun 2021”.

Dalam latar belakang Surat Pengantar SK Dirjen Pendis tentang Petunjuk Teknis Penulisan Blangko ljazah Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 mengatakan bahwa, Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi yang tercantum di dalamnya mutlak diperlukan.

“Jadi bagi bapak/ibu guru yang akan menulis Ijazah khususnya baik guru MI, MTs maupun MA/MAK, wajib mengikuti Juknis Penulisan Blangko Ijazah 2020/2021 dalam pengisiannya nanti”. Tutur Bapak Muamar Qodafi, S.Pd.I  selaku salah satu peserta rapat tersebut.

Diuraikan juga,  dalam SK Dirjen Pendis Nomor 1835 Tahun 2021 tentang Juknis Penulisan Ijazah RA MI MTs dan MA petunjuk umum dan khusus dalam penulisan blangko ijazah yang perlu untuk diketahui dan dipahami oleh satuan madrasah, Selengkapnya terkait teknis Umum dan khusus Tahun Pelajaran 2020/2021 tersebut, Rekan-rekan yanng bertugas dapat mengunduh Juknisnya pada tautan dibawah ini:

https://drive.google.com/drive/folders/1HLIbR2KtFfscmfrRzDj4p7SJYLsV6Pcq

Karena ketersediaan cadangan blangko Ijazah Madrasah yang dibatasi tiap satuan pendidikan, maka madrasah diharapkan berhati-hati dan teliti dalam melakukan penulisan ijazah madrasah yang nantinya diberikan kepada siswa yang lulus.

Demikianlah informasi mengenai Penulisan Blangko Ijazah Madrasah (RA, MI, MTs, dan MA/MAK) Tahun Pelajaran 2020/2021, semoga bermanfaat. Salam madrasah hebat bermartabat.

By : Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *