Gowes Bersama Keluarga Besar MA Nurul Amin Menuju Ikhtiyar Sehat di Masa Pandemi


Mana.sch.id – Saat ini, trend bersepeda menjadi pilihan yang sangat asyik di masa Pandemi. Aktifitas bersepeda ini kerap disebut gowes. Tahukah kalian gowes artinya apa? Simak ulasannya berikut ini.

Bersepeda memiliki beberapa tujuan. Misalnya untuk olahraga, sebagai alat transportasi, maupun hanya untuk sekedar gaya-gayaan saja. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang gemar mengayuh sepeda?

Terlepas dari itu, dalam dunia bersepeda, tentu kita sering sekali mendengar kata-kata gowes. Gowes adalah aktivitas mengayuh pedal pada sepeda, dan orang jaman sekarang banyak menyebut kata gowes daripada mengayuh. Mungkin hal tersebut dikarenakan lebih penggunaan kata gowes dianggap lebih simpel dan enak didengar.

Lihat video Juga:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=754603178801982&id=100027569203076

Asal Mula Kata Gowes
Ternyata, baik di Wikipedia maupun kamus Bahasa Indonesia tidak mengenal kata gowes. Namun dari berbagai situs atau blog, berikut ini beberapa pendapat tentang istilah gowes yang bisa Anda perhatikan.

Berasal dari Bahasa Gaul yang dipopulerkan oleh Indra Bekti dan Indie Bares. Namun kata itu ternyata kata Plesetan dari yowes, yang diucapkan dua presenter itu dalam program acara ceriwis di Trans TV.

Gowes juga berasal dari Bahasa Jawa yaitu Genjot Ora Genjot Wis Teles atau artinya Dikayuh Tidak Dikayuh Badannya Basah.

Juga dari kata Goblok Gak Uwes- Uwes, yang artinya Bodoh Tidak Selesai-selesai.

Asal kata gowes dalam bahasa Inggris adalah Go West yang artinya pergi ke Barat.

Lantas darimana asal muasal kata gowes yang sebenarnya? Ada yang mengatakan bahwa kata gowes berasal dari lagu Kring-Kring Goes Goes, lagu anak-anak yang dibawakan Bayu Bersaudara pada tahun 1988.

Sehingga, kata goes terdiri dari kata kerjja bahasa inggris go dan mendapat tambahan es dan kalau dibaca perkata berbunyi go-es yang kemudian diplesetkan menjadi kata gowes. Namun, ada sebagian orang juga yang mengatakan bahwa kata gowes ini sudah ada sebelum tahun 1988.

Itulah beberapa arti gowes yang dirangkum dari berbagai sumber. Namun pada intinya apapun artinya, semoga kegiatan bersepeda yang semakin marak akhir-akhir ini bukan hanya sekedar trend saja. Tetapi juga dapat menjadi sebuah budaya yang akan berdampak positif pada lingkungan.

MA Nurul Amin termasuk ambil bagian dalam istilah gowes ini demi terciptanya siswa dan siswi yang sehat menuju cerdas intelektual, emosional dan spritual.


Monggo sehat bareng kami lewat program GOWES bersama menuju ikhtiyar sehat. Karena rezeki paling tinggi itu adalah rezeki sehat.
Semoga Pandemi ini segera berlalu sehingga kami lebih fokus mencetak kader bangsa yang ber itelektual dan berakhlak tinggi yang Qur’ani. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *