3K (Kerja keras, Kerja Cepat, Kerja Sama)

NURUL AMIN

Dalam proses pencapaian suatu tujuan diperlukan semangat juang yang ditanam sejak dini hingga dewasa. Beberapa hal yang perlu disiapkan anak untuk melatih mental dan fisik anak yakni kerja keras. Kerja cepat dan kerja sama. ” Kerja keras adalah kegiatan kerja yang dilakukan secara sungguh-sungguh tanpa mengenal kata lelah, pantang menyerah dan tidak akan berhenti bekerja sebelum target atau tujuan yang dimiliki tercapai”. Orang yang bekerja keras akan melatih dirinya agar selalu bersemangat dan selalu memaksimalkan dirinya untuk mencapai sesuatu yang telah di targetkan. Hal ini juga perlu adanya kerja cerdas. ” Kerja cerdas merupakan suatu tindakan yang difokuskan pada hal hal-hal yang dianggapnya penting dan juga telah di targetkan dalam jangka yang panjang.”
Dari dua hal tersebut belum lengkap apa bila tidak dibarengi dengan kerja sama. ” Kerja sama yaitu suatu tindakan yang dikerjakan secara bersama dengan suatu kelompok kerja yang telah dibentuk, kerja sama ini guna untuk meringankan beban seseorang untuk memecahkan masalah.”

Dari pemaparan singkat diatas Madrasah Aliyah nurul amin memberikan ruang kepada peserta didik dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler tentunya untuk mempraktikan 3K tersebut. Dalam kesehariannya siswa diberikan kebebasan untuk memberikan ide ide cemerlangnya sebagai salah satu aktifitas diluar belajarnya sehingga siswa tidak merasa jenuh dan tidak merasa bosan ketika mereka ada dilingkup madrasah.

” Kesuksesan adalah hasil dari kesempurnaan. kerja keras belajar dari pengalaman, loyalitas dan kegigihan “

Oleh : Elin Dinata Putri

Baca Juga

Bagikan:

Tags