EMIS 4.0

Emis Pendis merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh Kementerian Agama untuk memudahkan input data Madrasah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam. Sedangkan tujuan EMIS itu agar sekolah atau madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama menjadi lebih mudah di dalam melaporkan perkembangan Madrasahnya.

Di era globalisasi dan IT ini perlu di tingkatkan pemberdayaan KKM/IGRA di dalam pelaksanaan updating data EMIS, ada 3 prinsip dalam sistem informasi yang diistilahkannya dengan sebutan 3T (Cepat, Tepat, dan Akurat). Operator EMIS mempunyai tugas yang sangat penting, benar tidaknya pekerjaan operator EMIS akan menentukan benar tidaknya pendataan di Madarasah. Kemudian data yang diinput operator EMIS supaya data yang benar-benar akurat, karena nantinya akan sangat menentukan proses kegiatan/kegiatan di Madrasah seperti untuk pencairan BOS, BSM, tunjangan-tunjangan, Sarpras dan sebagainya.

Operator Madrasah Aliyah Nurul Amin menyebut, “EMIS masih perlu banyak evaluasi. Sebab, belum ada banyak fitur di aplikasi terbaru. Misalnya, fitur upload template dan mutasi siswa, serta tambahkan siswa. “Mungkin masih dalam tahap pengembangan. Kami maklum,” kata operator sekolah yang akrab disapa Dicky itu.

operator lain di kawasan Lumajang yang enggan disebutkan namanya juga mengungkapkan hal serupa. Pendataan siswa terhambat. Dampaknya, pendataan siswa masih dibantu dengan sistem manual. “Kami punya data pegangan. Jaga-jaga kalau aplikasinya gak bisa,” katanya.

Tak berbeda jauh, ke depan keduanya berharap adanya perbaikan dan upgrading sistem EMIS yang lebih jelas dan menjawab kebutuhan fitur-fitur para operator sekolah.

CR : Mochamad Dicky L

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *