Harkitnas, Hadapi Abad 21 dengan Optimisme

Oleh : Mochamad Dicky Lutfianto

20 Mei 2021
Menyambut peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113, Kamis (20/5) ini,
Kami Madrasah Aliyah Nurul Amin Rojopolo mengajak kaum muda untuk bangkit menyongsong abad 21 dengan optimisme, bahwa seluruh bangsa Indonesia mampu menyongsong abad 21 menghadapi tantangan-tantangannya.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2021 dapat dijadikan sebagai momentum mengenang semangat perjuangan para pendiri bangsa . Upaya ini dilakukan untuk  menjadikan teladan bagi generasi muda.

Bercermin dari perjuangan Budi Utomo, membangun semangat kebangkitan nasional saat ini dimulai dari kepedulian terhadap dunia pendidikan. Dengan demikian, akan tercipta sumber daya manusia yang berkualitas. Penciptaan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas tersebut, tentu harus diimbangi dengan upaya pembangunan ekonomi bangsa yang mandiri. Oleh karenanya, membangun semangat kebangkitan bangsa harus dilakukan bersama oleh seluruh elemen bangsa dengan komitmen nasionalisme. Lebih dari itu, bangsa Indonesia harus menyadari pentingnya kualitas sumber daya manusia. 

Kesadaran tersebut kemudian memacu semangat perjuangan bangsa Indonesia yang awalnya berupa perjuangan fisik berubah menjadi perjuangan melalui jalur pendidikan dan intelektual.

Dengan demikian, kaum terdidik dan terpelajar memiliki peran penting dalam membangun kebangkitan nasional. Mereka merupakan agen penting dalam membangun semangat kebangkitan nasional yang merupakan kontribusi berkelanjutan mulai tahun 1908, Sumpah Pemuda (1928), Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945) serta Pancasila dan UUD 1945 (18 Agustus 1945).

cr : M Dicky L

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *